(0 pemilihan)

Program IbM, FPIK Unidayan Budidaya Ikan Bandeng di Kapuntori Pilihan

BAUBAU, BP – Ketua pelaksana program hibah Iptek Bagi Masyarakat (IbM) Ir Wardha Jalil MSi beserta anggotanya Supasman dan Tamar Mustari yang merupakan dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Dayanu Ikhsanuddin (Unidayan) Baubau, membudidayakan ikan bandeng di daerah Kamelata Kecamatan Kapuntori Kabupaten Buton.

Kepada Baubau Post di ruangannya, selasa (14/11), Ir Wardha Jalil MSi yang juga merupakan Dekan FPIK Unidayan Baubau mengungkapkan, budidaya ikan bandeng di Kamelata dirintis sejak bulan Juni lalu. Mengingat pemahaman masyarakat terhadap ikan bandeng masih sangat kurang.

“Program ini juga sekaligus kita memperkenalkan ikan bandeng kepada masyarakat umum. Karena kita lihat khusus di wilayah Kepulauan Buton ini masih banyak masyarakat yang belum familiar dengan ikan bandeng,” kata Wardha.

Tujuan program tersebut, lanjut Wardha, melestarikan dan memperkaya jenis ikan dan ekosistem laut khususnya di wilayah Kepulauan Buton. Dijelasannya, ikan bandeng yang biasa dikenal masyarakat umum sistem budidayanya di tambak. Untuk itu, pihaknya coba melakukan terobosan dengan membudidaya ikan bandeng di laut.

“Selama ini kan kita lihat banyak budi daya rumput laut dan kerapu saja yang ada. Sementara masyarakat mengenal sistem budidaya ikan bandeng ini dengan cara di tambak. Makanya kami coba bermitra dengan para pembudidaya ikan di laut, untuk membudidaya ikan bandeng,” jelasnya.

Wardha bersyukur, program tersebut berjalan berdasarkan rencana. Dikatakannya, program tersebut berhasil dengan memuaskan. “Biasanya kan hal baru begitu tingkat kematian ika tinggi, tetapi setelah kami coba ternyata hasilnya bagus,” tuturnya.

Wardha mengucapkan terima kasih kepada Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Direktorat Jendral Penguatan Riset dan Pengembangan Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, yang telah mendanai kegiatan IbM. Juga kepada Rektor Unidayan Baubau Ir H LM Sjamsul Qamar MT yang telah memberikan dorongan, motivasi dan arahan dalam menjalankan program pengabdian kepada masyarakat. Serta Kepala Desa, kelompok nelayan budidaya dan masyarakat setempat yang berpartisipasi mendukung pelaksanaan program IbM.

Program IbM didanai oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Direktorat Jendral Penguatan Riset dan Pengembangan Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, karena merupakan bentuk pelaksanaan salah satu Tridharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian pada masyarakat yang wajib dilaksanakan oleh dosen. (*)

Peliput : Gustam

 

Baca 10548 kali
2222222222222222