(0 pemilihan)

Profil dan CP Lulusan

Desember 28, 2019

PROFIL LULUSAN

No

PROFIL

KEMAMPUAN

Deskripsi Capaian Pembelajaran Sesuai Level 6 (Enam)KKNI

1

Pelaku, Pengembang dan Pengelola Usaha Perikanan Budidaya

 

1.   Mampu mengaplikasikan bidang budidaya perairan (perikanan budidaya, budidaya   perikanan, akuakultur) memanfaat kan kaidah-kaidah ilmu teknologi, dan/atau seni dalam penyelesaian permasalahan di bidang aplikasi budidaya perairan (perikanan budidaya, budidaya perikanan, akuakultur).

Penguasaan Ilmu Pengetahuan

 

   

2.   Menguasai prinsip site selection dan tata kelola wadah budidaya, prinsip dan teknik pengembang-biakan dan pembesaran ikan, pengelolaan kualitas air, identifikasi dan pengendalian hama dan penyakit, produksi pakan alami, penyusunan formulasi dan pengelolaan pemberian pakan, dan wirausaha.

Kemampuan Bekerja

 

   

3.   Mampu melakukan supervisi, monitoring, dan evaluasi di dalam industri perbenihan, pendederan, pembesaran ikan, produksi pakan alami dan buatan, diagnosis dan pengendalian penyakit, serta pengelolaan kualitas air secara mandiri atau kelompok.

Kewenangan dan Tanggung jawab

 

   

4.   Berperan sebagai quality control, supervisor, wirausaha, akuaskap,     pendederan serta pembesaran ikan sampai berukuran konsumsi (termasuk ikan hias) dan formulator pakan buatan.

Kemampuan Bekerja

2

Pengkaji dan Pendidik Bidang Perikanan

 

1.    Mampu mengidentifikasi, menganalisis dan meng-interpretasikan permasalahan dibidang budidaya perairan (perikanan budidaya, budidaya perikanan, akua-kultur) dan memberi kan petunjuk dalam memilih berbagai alternative solusi.

Penguasaan Ilmu Pengetahuan

   

2.    Mampu bekerja sesuai standar operasional (SOP) budidaya perairan (perikanan budidaya, budidaya perikanan, akuakultur) yang tersedia dan dengan bimbingan.

Kemampuan Bekerja

   

3.    Menguasai pengetahuan dasar-dasar budidaya per-airan (perikanan budidaya, budidaya perikanan, akuakultur), genetika dan reproduksi ikan, penyakit dan kesehatan ikan, produksi pakan alami, nutrisi ikan, mikrobiologi akuatik, fisika kimia perairan, pengelolaan kualitas air, site selection dan desain wadah budi daya, serta menguasai pengelolaan industri perbenihan serta pembesaran ikan air payau, laut,dan air tawar.(pendidik peneliti.

Penguasaan Ilmu Pengetahuan

 

3

Konsultan dan Penggiat LSM/NGO di Wilayah Pesisir

1.    Berperan sebagai konsultan   dan pelaksana proyek pembenihan , pendederan serta pembesaran ikan sampai berukuran konsumsi (termasuk ikan hias) dan formulator pakan buatan.

Kemampuan Bekerja

 

   

2.    Mampu melakukan supervisi, monitoring, dan evaluasi di dalam industri perbenihan, pendederan, pembesaran ikan, produksi pakan alami dan buatan, diagnosis dan pengendali an penyakit, dan pengelolaan kualitas air secara mandiri atau kelompok.

Penguasaan Ilmu Pengetahuan

   

3.    Mampu bekerjasama, menyesuaikan diri dengan lingkungan ilmiah dan pekerjaan budidaya perairan (perikanan budidaya, budidaya perikanan, akuakultur) yang ada

Kewenangan dan Tanggung Jawab

   

4.    Bersikap terbuka, inovatif dan enterpreunership

Kewenangan dan Tanggung Jawab

4

Penyuluh Perikanan

Berperan sebagai penyuluh, quality control, dan   supervisor.

Penguasaan Ilmu pengetahuan

2222222222222222